Musik dan Budaya
RegisterSearchFAQMemberlistUsergroupsLog in
antara budaya tradisi, budaya global, dan budaya sub culture

 
Reply to topic    Musik dan Budaya Forum Index » Bicara Apa Saja View previous topic
View next topic
antara budaya tradisi, budaya global, dan budaya sub culture
Author Message
lovexhaters
Moderator


Joined: 31 Aug 2007
Posts: 182
Location: Dimana-mana hatiku senang..

Post antara budaya tradisi, budaya global, dan budaya sub culture Reply with quote
Sebelumnnya saya mau bilang buat pembaca bahwa ini (Bicara apa saja) adalah rubrik favorit saya. Karna bebas ngomong apa aja. heeheheh..

Saya mendedikasikan tulisan ini dan menulis ini untuk anda dan saya sendiri sebagai homosapiens yang hidup di jaman edan yang sangat berpolitik. JAdi apa kita akan menunggu budaya baru dan mengapresiasiakannya sendiri atau mencoba peruntungan dengan membuat gaya atau budaya sendiri dengan akal budi, kesadaran dan kebebasan berekspresi? dan maafkan saya jika saya salah.

========================================

antara budaya tradisi, budaya global, dan budaya sub culture.

Manusia yang hidup di jaman sekarang adalah homosapiens yang (hanya) menerima, menelaah dan mengapreasiasikan budaya-budaya yang berada di lahir di tengah-tengah mereka.
Sedangkan, manusia jaman dulu adalah homoerectrus yang berkomitmen dengan budaya yang diturunkan oleh nenek moyangnya dan menjaganya, melestarikannya dengan baik.

BUdaya Tradisi,

Lahir secara turun menurun, sampai sekarang menurut saya tidak ada yang tahu pasti siapa yang menciptakan budaya tor-tor pada masyarakat batak toba, juga pada kasus budaya bali, tidak ada yang mengetahui siapa yang menyetuskan gong kebyar. Dan masih banyak lagi budaya/tradisi yang dilakukan secara turun menurun tanpa mengetahui pasti asal muasal kebiasaan tersebut. Yang pasti sampai sekarang kita tersugesti bahwa tangan kanan adalah tangan yang baik sedangkan tangan kiri sebaliknya.
Andaikan makna kata 'budaya' bukan berarti kebiasaan atau habbit. Melainkan berarti gaya. Memang sedikit absurd, tetapi akan lebih luas dan akan lebih 'kita ketahui siapa yang menciptakan suatu budaya (baca gaya.red)
Gaya dapat menunjukan citra dengan kibul identitas tertentu. Sebuah kolase yang akan mengkaburkan semuanya. Semuannya berarti manusia.
Memakai atau melihat, itulah gaya digunakan. Tentunya Pada saat yang tepat dan individu yang tepat pula. Sama halnya dengan budaya, dilaksanakan dan dilestarikan. Tentunya pada saat yang tepat dan kelompok atau individu yang tepat pula.



Budaya Global,

Mencontek sedikit kata Arjun Appadurai oada ideologi iklan karya Seno Gumira Ajidarma. Budaya global dibentuk oleh : finansial, media, teknologi, etnik dan ideologi.
Budaya global lahir dari jemari dan otak-otak para intelektual maupun non intelektual dunia yang memanjakan rakyatnya dengan glamour, stylish, tasty, dan classy. Budaya atau gaya ini adalah politik identitas manusia masa kini. Bersifat sangat fleksibel tidak monoton. Gaya menjadi identitas yang mendominasi watak manusia postmodern masa kini. Dari ujung rambut ke ujung kaki. Dari minyak rambut ke Sepatu. Menunjukan gaya atau budaya yang dianut oleh seseorang. Dan global berarti semua, universal dan sebagainya. Yang kadang digambarkan melalui media seni seperti musik. Global? apa itu? Memang manusia-manusia yang menganut budaya global telah mengkaburkannya.
Tetapi bagi saya budaya global adalah gaya manusia yang menunjukan identitas yang fleksibel dan hanya menungggu kabar gaya terbaru dari barat saja.



Budaya sub culture,

Sebuah budaya dimana pro dan kontra sangat pedas dimata. Sub culture lahir dari manusia-manusia pemberontak karna sistem kapitalis dan otoriteritas yang mendominasi saat itu (sebelum dan sesudah budaya global). Mengaburkan makna, tetapi memiliki integritas yang tinggi sebagai gaya (budaya) yang ada. Wanita tidak lagi berambut panjang untuk menunjukan kalau dia itu wanita. Laki-laki memakai anting di kuping dengan tidak menghiraukan asumsi orang lain yang mungkin sebagian menggangap banci. Caci maki menjadi bahasa yang nasional pada budaya ini. Banyak yang menjudge budaya ini sebelah mata atau sepele. Tetapi inilah budaya manusia sebenarnya yang lahir dari pola pikir yang ortodox dan pasif.


Kesimpulan, kita hidup di dunia yang beraneka ragam budaya atau gaya yang lahir dan berkembang. Kita bisa memilih salah satu, atau membuat budaya kita sendiri. Identitas, integritas dan pola pikir akan melahirkan suatu buday baru lagi, entah apa namanya. BIsa budaya senapan, budaya rambut lurus atau budaya junkies. BIsa saja kan?



Respect
xYUDHAx
Thu Oct 25, 2007 10:26 am View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
Administrator
Administrator


Joined: 25 May 2007
Posts: 137
Location: Medan-Indonesia

Post Reply with quote
Wedew,

Gimana kalo kita mo nyederhanainnya ya???
yach budaya gwa termasuk yang mana ya????
kalo dah seperti ini, jadi bingung juga
Wed Nov 07, 2007 8:06 am View user's profile Send private message Send e-mail Visit poster's website Yahoo Messenger
orvilles`s[dad]
Moderator


Joined: 12 Nov 2007
Posts: 68
Location: a tiny planet called EARTH

Post Re: antara budaya tradisi, budaya global, dan budaya sub cul Reply with quote
lovexhaters wrote:
Kesimpulan, kita hidup di dunia yang beraneka ragam budaya atau gaya yang lahir dan berkembang. Kita bisa memilih salah satu, atau membuat budaya kita sendiri. Identitas, integritas dan pola pikir akan melahirkan suatu buday baru lagi, entah apa namanya. BIsa budaya senapan, budaya rambut lurus atau budaya junkies. BIsa saja kan?


Hmm... yah walaupun buaya itu binatang berdarah dingin, tetap harus dilestarikan... Piss!

_________________
Mon Nov 12, 2007 2:13 pm View user's profile Send private message
guni
Mahasiswa Baru


Joined: 27 Sep 2007
Posts: 140

Post Re: antara budaya tradisi, budaya global, dan budaya sub cul Reply with quote
Hmm... yah walaupun buaya itu binatang berdarah dingin, tetap harus dilestarikan... Piss![/quote]
nah ini dia....termasuk budaya juga ne.....perlu dilestarikan kyknya...hehehehe

_________________
Tetap Semangat.....Merdeka !!!!
Fri Nov 07, 2008 4:51 pm View user's profile Send private message Visit poster's website
guni
Mahasiswa Baru


Joined: 27 Sep 2007
Posts: 140

Post Reply with quote
menurut gw.....budaya tradisi diciptakan oleh komunitas tertentu dr kebiasaan-kebiasaan yang mendukung komunitas tersebut. baik itu komunitas besar ataupon kecil. salah satu contoh dr kebudayaan tradisi tersebut dapat kita lihat dari kekeluargaan, yaitu silaturahmi atau mengunjungi saudara/keluarga pada saat tertentu.

_________________
Tetap Semangat.....Merdeka !!!!
Fri Nov 07, 2008 4:59 pm View user's profile Send private message Visit poster's website
Display posts from previous:    
Reply to topic    Musik dan Budaya Forum Index » Bicara Apa Saja All times are GMT
Page 1 of 1

 
Jump to: 
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© 2007-2008 Informe.com. Get Free Forum Hosting
Powered by phpBB © 2001, 2005 phpBB Group
 :: 
Design by Freestyle XL / Flowers Online.